Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar acara Engineering’s Day sebagai salah satu rangkaian acara puncak dari Supercamp Training and Achievement Engineering Students (disebut SUPERCAMP) dengan tema “Breakthrough the Limit and Make it Happen” di Auditorium Kampus 1 UNIMMA pada Jumat (2/12) yang diikuti civitas akademik Fakultas Teknik serta mahasiswa teknik semester 1 dan 3 UNIMMA. Acara Engineerings Day berlangsung dengan diketuai oleh Ardhin Primadewi, S.Si., M.TI.

Pristi Sukmasetya, S.Komp., M.Komp selaku perwakilan ketua dalam penyampaian laporan kegiatan SUPERCAMP selama 2 tahun terakhir (2021 dan 2022) menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang mahasiswa dalam menyalurkan potensi khususnya bidang akademik yang dibungkus dalam perlombaan antar mahasiswa. Lomba menjadi salah satu target jangka pendek dalam mahasiswa menuangkan ide dan gagasan menjadi sebuah produk nyata yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan saat ini” tuturnya.

Untuk menambah wawasan, Engineering’s Day di sesi pertama, Ade Suryadana sebagai satu-satunya mahasiswa yang lolos seleksi dari Universitas Muhammadiyah Magelang sebagai Leader Google Developer Students Club (GDSC) menceritakan pengalamannya mulai dari ketertarikannya dengan Google hingga pencapaiannya menjadi Lead GDSC Universitas Muhammadiyah Magelang. 

Sementara itu, di sesi kedua dilanjutkan oleh Herjuna Ardi Prakoso, M. Kom yang merupakan alumni Teknik UNIMMA yang merupakan akademisi dan praktisi dalam dunia bisnis. Herjuna menyampaikan bahwa pentingnya perkuliahan sebagai tempat untuk menimba ilmu karena 50 % dari apa yang dihadapi dunia nyata berasal dari bangku perkuliahan. Sisanya, yang didapatkan dengan mengasah kemampuan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan seharu-hari.

Di akhir acara, sebagai panggung selebrasi bagi 42 mahasiswa Teknik UNIMMa yang mendapatkan prestasi Lomba dalam bidang Akademik diberikan penghargaan dan berfoto bersama dengan Dekan Fakultas Teknik Yun Arifatul Fatimah, ST, MT, PhD. Dari berbagai lomba yang diikuti mahasiswa Teknik dari pendampingan SUPERCAMP Batch 1 dan Batch 2 dengan perolehan 7 mahasiswa sebagai pemenang dalam lomba level International dan sisanya lomba level Nasional. Beberapa lomba yang diikuti mahasiswa Teknik UNIMMA seperti UMSU Internasional Championship, ASEAN International Students Competition (AISC), Lomba Karya Tulis Ilmiah UMSIDA, Lomba Nasional AST PTMA dan lainnya.

Picture engineering day

Acara engineerings day juga diselingi dengan adanya penampilan yel yel dari mahasiswa sebagai pemeriah acara. serta dilanjutkan dengan menampilkan vidio pemenang lomba dan  penyerahan penghargaan dari fakultas teknik UNIMMA. mahasiswa teknik mampu meraih juara dari tingkat nasional hingga Internasional dengan total 14 kelompok dan 42 mahasiswa. acara ditutup dengan pemutaran kado yang telah disiapkan oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti acara tersebut.